.

Monday, November 19, 2012

Siklus Manajemen Obat

R.D.K holdings S.A

Seleksi dan Perencanaan
Tersedianya berbagai macam obat dipasaran, membuat para dokter tidak mungkin up to date dan membandingkan berbagai macam obat tersebut. Produk obat yang sangat bervariasi juga menyebabkan tidak konsistennya pola peresepan dalam suatu sarana pelayanan kesehatan. Hal ini akan menyulitkan dalam proses pengadaan  obat.

Kriteria seleksi obat menurut DOEN:
a.       Menguntungkan dalam hal kepatuhan dan penerimaan pasien.
b.      Memiliki rasio resiko manfaat yang paling menguntungkan.
c.       Praktis dalam penyimpanan dan pengangkutan.
d.      Obat mudah diperoleh.

Perencanaan
Perencanaan merupakan proses kegiatan dalam pemilihan jenis, jumlah, dan harga perbekalan farmasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, untuk menghindari kekosongan obat dengan menggunakan metode yang dapat dipertanggung jawabkan dan dasar-dasar perencanaan yang telah ditentukan antara lain Konsumsi, Epidemologi. Kombinasi metode konsumsi dan epidemologi disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Dalam pengelolaan obat yang baik perencanaan idealnya dilakukan dengan berdasarkan atas data yang diperoleh dari tahap akhir pengelolaan, yaitu penggunaan obat periode yang lalu. Tujuan dari perencanaan adalah untuk mendapatkan jenis dan jumlah obat yang sesuai dengan kebutuhan, menghindari terjadinya stock out (kekosongan) obat dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

Perencanaan merupakan tahap yang penting dalam pengadaan obat di Apotek, apabila lemah dalam perencanaan maka akan mengakibatkan kekacauan dalam suatu siklus manajemen secara keseluruhan, mulai dari pemborosan dalam penganggaran, membengkaknya biaya pengadaan dan penyimpanan, tidak tersalurkannya obat sehingga obat bisa rusak atau kadaluarsa. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan menyebutkan bahwa perencanaan kebutuhan obat adalah salah satu aspek penting dan menentukan dalam pengelolaan obat karena perencanaan kebutuhan akan mempengaruhi pengadaan, pendistribusian dan penggunaan obat di unit pelayanan kesehatan.

Pengadaan
a.       Syarat Pengadaan yang baik:
1)      Doelmating           : Pengadaan harus sesuai dengan tujuan atau perencanaan.
2)      Rechmating           : Pengadaan harus sesuai dengan kemampuan anggaran.
3)      Wetmatig              : Pengadaan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penggunaan
Penggunaan obat adalah proses yang meliputi peresepan oleh dokter, pelayanan obat oleh farmasi serta penggunaan obat oleh pasien. Seorang dokter diharapkan membuat peresepan yang rasional, dengan indikasi yang tepat, dosis yang tepat, memperhatikan efek samping dan kontra indikasinya serta mempertimbangkan harga dan kewajarannya. Obat yang ditulis dikter pada resep selanjutnya menjadi tugas farmasi untuk menyiapkan dan menyerahkan kepada pasien.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:19 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD