.

Monday, November 19, 2012

Tokoh Sosiologi, Soerjono Soekanto

R.D.K holdings S.A


Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa pada dasarnya terdapat dua jenis metode yang dipergunakan dalam sosiologi, yaitu sebagai berikut :

Metode kualitatif

Mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sukar diukur dengan angka-angka atau ukuran-ukuran yang matematis, meskipun kejadian-kejadian itu nyata dalam masyarakat. Metode yang termasuk dalam metode kualitatif adalah :
  1. Metode historis, yaitu metode pengmatan yang menganalisis peristiwa-peristiwa masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
  2. Metode komparatif, yaitu metode pengamatan dengan membandingkan antara bermacam-macam masyarakat serta bidang-bidangnya untuk memperoleh perbedaan dan persamaan sebagai petunjuk tentang perilaku suatu masyarakat. Misalnya, perbandingan pertanian Indonesia pada masa lalu dan masa kini.
  3. Metode studi kasus, yaitu suatu metode pengamatan tentang suatu keadaan, kelompok, masyarakat setempat, lembaga-lembaga, maupun individu-individu. Alat-alat yang dipergunakan dalam studi kasus adalah : Wawancara (interview), Daftar pertanyaan (questionaire), Participant observer technique (pengamat ikut serta dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang diamati). 

Metode kuantitatif 

Dalam metode ini, Peneliti mengutamakan bahan-bahan keterangan atau data penelitian dengan angka-angka sehingga gejala-gejala yang akan diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, indeks, table, dan formula. Termasuk dalam metode ini adalah metode statistic yang menguantifikasi gejala-gejala masyarakat sebelum dianalisis.

Disamping motode-metode yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa metode lain, yaitu sebagai berikut :
  1. Metode deduktif, yaitu metode yang dimulai dari hal-hal yang berlaku umum untuk menarik kesimpulan yang khusus.
  2. Metode induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.
  3. Metode empiris, yaitu suatu metode yang mengutamakan keadaan-keadaan nyata di dalam masayarakat.
  4. Metode rasional, yaitu suatu metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah kemasyarakatan.
  5. Metode fungsional, yaitu metode yang dipergunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga sosial masyarakat dan struktur sosial masyarakat.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:43 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD