.

Wednesday, November 21, 2012

Kenali Makanan Pemicu Stress

R.D.K holdings S.A


Manusia tidak pernah bisa lepas dari makanan dan minuman. Namun, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari memiliki dua dampak yang berlawanan. Ada yang berguna untuk tubuh kita, adapula yang menyebabkan penyakit. Dan tahukan Anda bahwa ada kelompok makanan yang mengakibatkan stress. Berikut jenis makanan dan minuman tersebut. 

Makanan dan minuman perangsang stress 

Makanan-makanan yang tinggi kadar garam dan lemak merupakan makanan pencetus stress. Penyebabnya karena makanan tersebut memacu produksi hormon stress yaitu hormon kartisol. Hormon tersebut akan menghambat kerja dari serotonin, yang berperan mempengaruhi mood atau suasana hati, karena sifatnya menenangkan dan mengontrol rasa gelisah. Efek lain dari kartisol adalah menyebabkan pelepasan hormon neuropeptide Y dan hormon galanin yang membuat seseorang ingin mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang manis. Akibatnya, seseorang akan mengalami bad mood.

Makanan siap saji seperti nugget, bakso, sosis atau makanan kaleng olahan pun merupakan makanan yang dapat memicu stress, karena pada makanan ini banyak mengandung garam dan lemak. Karbohidrat sederhana seperti roti atau mie dan lemak trans juga merupakan makanan penyebab stress.

Selain makanan, minuman juga ada yang dapat menyebabkan stress. Minuman keras dan beralkohol, kopi, serta minuman dengan kadar kafein tinggi tidak baik untuk mood kita. 

Makanan dan minuman pereda stress 

Seperti disampaikan di atas, makanan membawa dua dampak yang berlawanan. Berikut adalah kelompok makanan yang dapat meredakan stress. Kandungan vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamtn C dapat digolongkan sebagai makanan pereda stres. Pilih makanan yang mengandung antioksidan yang akan membantu melancarkan fungsi memori. Alpukat, pisang, ikan tuna, ikan salmon, ikan sardin, susu, dan yoghurt banyak mengandung vitamin B. Sedangkan asam folat dapat diperoleh dari oatmeal, jeruk atau asparagus.
Magnesium, yang dapat membantu kita tidur pulas, banyak terdapat pada kacang almond, sayur bayam atau tofu yang akan membantu tubuh memproduksi dopamin. Sedangkan makanan dengan vitamin C dapat dengan lebih mudah ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, jambu biji atau stroberi.

Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, menu makanan kita hendaknya dikombinasikan. Pada waktu jam makan, pilih makanan dengan kandungan protein, lemak sehat dan karbohidrat kompleks. Kombinasi yang baik akan membuat gula darah stabil dan mengurangi keinginan untuk makan cemilan. 

Setelah mengetahui makanan pereda stres, perlu juga untuk mengetahui minuman yang mampu mengurangi stress. Cukup minum air putih, yaitu sebanyak 2 liter per hari atau menyeruput secangkir teh akan membantu menenangkan hati. Apalagi jika minum the dengan keluarga dan dalam suasana yang menyenangkan, pasti akan menjauhkan kita dari stress.

Setelah mengetahui makanan dapat memicu stress, maka kini pilihlah menu makanan dengan cerdas agar tidak mengganggu emosi kita.  Makan dengan tenang, perlahan, dinikmati sambil mengucapkan terima kasih karena kitaa masih dapat memperolah makanan yang sehat. Dengan demikian, makanan akan membantu kita memperoleh ketenangan pikiran.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10:31 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD