.

Wednesday, November 21, 2012

7 Aplikasi Buatan Anak Indonesia

R.D.K holdings S.A


Jangan anggap sepele kemampuan putra-putri Indonesia dalam dunia teknologi khususnya di dunia maya. Buktinya, banyak aplikasi teknologi canggih hasil buatan anak indonesia yang diakui dunia barat. Berikut beberapa aplikasi hasil karya anak negeri: 

1. PANADA 

Framework Panada bersifat open source. Pembuatnya adalah seorang programer surat kabar harian Kompas, Iskandar Soesman atau biasa disapa Mas Kandar. Framework ini sangat simple dan ringan, core-nya hanya sekitar 123 Kb dan hanya memerlukan 1 buah file untuk menghandle semuanya, yakni file gear.php yang terletak di folder panada. Framework ini juga menerapkan konsep OOP dan MVC. Kelebihan lainnya seperti, instalasi mudah, begitu juga konfigurasinya, ukuran file kecil jadi menghemat space dan bandwith, full OOP, dan dokumentasi yang lumayan lengkap plus menggunakan bahasa Indonesia. 


2. ARTAV 

Arfav diciptakan seorang anak remaja bernama Arrival Dwi Sentosa dari SMP Negeri 48, Bandung. Artav sendiri merupakan kepanjangan dari Arrival Taufik Antivirus, karena dalam proses pembuatannya Arrival dibantu oleh sang kakak, Taufik Aditya Utama dari SMA 25 Bandung, plus informasi dari lnternet, buku dan juga khusus mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic. Software Artav Antivirus ini sanggup mendeteksi lebih dari 2000 varian virus.

3. Garuda Os 

Garuda adalah sistem operasi (OS) legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. Garuda menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows. Untuk memperolehnya tidakk perlu mengeluarkan biaya. Ini adalah sistem operasi legal yang bisa dipergunakan oleh siapa saja. Garuda dikembangkan oleh para pengembang lokal dari GarudaONE.com. 

4. Baby Write Number 

Aplikasi Baby write Number yang dikembangkan oleh Mico Wendy menjadi pemenang utama untuk kategori “Access to Knowledge" dalam kontes pembuatan aplikasi untuk ponsel Nokia berbasis S40. Kontes pembuatan aplikasi untuk ponsel Nokia berbasis S40 ini sebelumnya telah digelar dalam skala nasional dan terpilih tiga perwakilan Indonesia untuk bertarung di tingkat internasional. Aplikasi Baby Write Number merupakan aplikasi yang membantu orang tua mengajarkan anak-anak usia pra-sekolah untuk mengenal dan menuliskan angka. 

5. Jung Dictionary of Law version 3.O 

Jung Dictionary of Law version 3.0 merupakan software hukum pertama di Indonesia yang telah di unduh lebih dari 10.000 pengguna di Indonesia. Dalam perjalanannya Software Hukum ini juga telah dipakai oleh berbagai institusi pemerintah, masuk dalam Harian Nasional Analisadaily.com, pernah beberapa kali menjadi perbincangan hangat (Hot Thread) di forum terbesar di Indonesia. 10 Desember 2011, Founder JUNG Dictionary of Law secara resmi mereleased third generation dari JUNG Dictionary of Law yang target usernya, bukan lagi hanya untuk kalangan akademisi hukum, tapi untuk semua orang.


6. Smadav 

Smadav merupakan salah satu program antivirus local terlaris di Indonesia. Smadav sangat kompatibel dengan antivirus apapun dan sangat baik digunakan bagi komputer yang nggak sering terkoneksi dengan internet. Sebab Smadav nggak perlu sering dimutakhirkan seperti program antivirus lainnya. 


7. Zahir Accounting 

Tidak banyak penyedia software lokal yang bisa menembus pasar luar negeri. Namun, berbekal software akuntansi, Zahir Accounting, PT Zahir International terus melakukan penetrasi pasar internasional hingga ke jepang dan Timur Tengah. Untuk menyajikan laporan keuangan perusahaan, penyedia software local menyediakan 11 varian dengan beragam fitur yang memudahkan perusahaan untuk rnembuat laporan. Mulai dari varian small business, web basedreport, GL, pointofsales, payroll, flexi money,  flexi trade, personal, standard, dan enterprise.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 11:05 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD