.

Tuesday, November 20, 2012

Belajar dan Ekstrakurikuler

R.D.K holdings S.A

Belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan murid. Tujuan interaksi edukatif tersebut meliputi beberapa aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik diperlukan peran maksimal dari seorang guru baik dalam menyampaikan materi, penggunaan metode pengelolaan kelas, dsb. Selain itu diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran dalam kelas. Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah, tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler. Khusus untuk pelajaran PAI, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah seperti belajar Iqro’, pengajian dll.

Dari paparan singkat di atas bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktifitas belajar siswa di kelas. Dugaan ini terbukti dari hasil prasurvey yang peneliti lakukan di RA Masyithoh Banyuurib. Dari prasurvey tersebut peneliti menemukan sebagian siswa yang sering melakukan kegiatan TPA, pontren kilat dan sebagainya yang akftif berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas.

Berdasarkan prasurvey di atas terlihat adanya pengaruh yang positif dari kegiatan ekstrakurikuler terhadap aktifitas belajar siswa di kelas. Untuk membuktikan dugaan dari prasurvey tersebut peneliti merasa tertarik untuk menelitinya dengan judul “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an Terhadap Aktivitas Belajar Siswa B2 R A Masyithoh Banyuurib Jatimulyo”.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 3:49 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD