.

Monday, November 19, 2012

Tokoh Sosiologi, Karl Marx

R.D.K holdings S.A

Karl Marx lebih dikenal sebagai tokoh searah ekonomi daripada seorang perintis sosiologi. Ahli filsafat dan aktivis ini mengembangkan teori mengenai sosialisme yang dikemudian hari dikenal dengan nama “Marxisme”.  Meskipun demikian, Marx merupakan seorang tokoh teori sosiologi yang patut diperhitungkan.

Sumbangan Marx bagi sosiologi terletak pada teorinya mengenai kelas. Marx berpandangan bahwa sejarah masyarakat manusia merupakan sejarah perjuangan kelas. Menurut Marx, perkembangan pembagian kerja dalam ekomomi kapitalisme menumbuhkan dua kelas yang berbeda, yaitu :
  1. Kaum borjuis (kaum kapitalis), adalah kelas yang terdiri dari orang-orang yang menguasai alat-alat produksi dan modal.
  2. Kaum proletar, adalah kelas yang terdiri dari orang-orang yang tidak mempunyai alat produksi dan modal sehingga dieksploitasi untuk kepentingan kaum kapitalis.
Menurut Marx, pada suatu saat kaum proletar akan menyadari kepentingan bersama mereka sehingga bersatu dan memberontak terhadap kaum kapitalis. Mereka akan memperoleh kemenangan yang akan mengakibatkan terhapusnya pertentangan kelas sehingga masyarakat proletar akan mendirikan masyarakat tanpa kelas.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:30 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD