.

Tuesday, November 20, 2012

Bahan alami untuk mengatasi Ketombe

R.D.K holdings S.A

Pityriasis capitis atau yang kita kenal ketombe bisa menyerang siapa saja. Terutama pada mereka yang tinggal di daerah berrsuhu panas dan suhu lembab. Ketombe sendiri merupakan kulit mati yang lepas berlebihan. Sebenarnya terkelupasnya sel-sel kulit mati itu adalah sebuah proses alami. Hanya saja menjadi masalah jika proses tersebut terjadi secara terus menerus. Biasanya pengelupasan dalam skala besar akan diikuti dengan pemerahan dan iritasi pada kulit kepala. Jika tidak segera diatasi tentunya akan sangat mengganggu baik dari segi kesehatan kulit kepala maupun penampilan.

Bahan-bahan alami yang mampu mengatasi masalah itu adalah: 

Jeruk  Nipis 

Sudah banyak yang tahu jeruk nippis mampu mengatasi maslah ketombe. Itu dikarenakan kandungan asam salisilat pada jeruk nipis. Kandungan tersebut mampu menyapu lemak yang berlebih pada permukaan kulit kepala. 

Mengkudu 

Bahan alami lainnya adalah mengkudu. Buah yang rasanya pahit ini ternyata mengandung alkaloid triterpenoid yang berguna mengimbangi kelembapan kulit kepala. Selain itu juga bersifat antiseptik dan melembutkan kulit kepala. Caranya, parut mengkudu kemudian tambahkan dengan air. Aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih. 

Pandan 

Daun pandan lazimnya digunakan untuk memasak. Tapi, pandan diketahui mampu mengatasi ketombe. Ambil beberapa helai daun pandan lalu giling sampai halus. Agar banyak sari yang keluar, tambahkan air secukupnya, kemudian saring. Gunakan air tersebut untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengering, lalu bilas. 

Nanas 

Selain mampu melembutkan daging, nanas ternyata juga mampu mengatasi ketombe. Itu karena kandungan zat bromelain-nya yang berkhasiat membuang jaringan kulit nggak sehatdan kulit mati. Parutlah nanas usahakan memilih nanas yang benar-benar matang. Kemudian gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Jika Anda tahan, diamkan semalaman dan bilas  rambut pada pagi hari.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:25 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD