.

Monday, November 19, 2012

Apa itu Browser?

R.D.K holdings S.A

Browser adalah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di internet. Untuk dapat menjelajahi internet, kita harus menjalankan program browser. 

File-file halaman web, dokumen gambar, dan yang lain disimpan di sebuah web server. Ketika kita menjalankan browser dan memasukkan alamat web tertentu, browser akan mendownload file-file halaman web dari server alamat web tersebut dan menampilkannya di komputer kita.

Sama dengan program-program aplikasi windows lainnya, kita dapat menjalankan Internet Explorer dengan dua cara : (1) mengeklik shortcut Internet Explorer di desktop, dan (2) mengeklik ikon Internet Explorer dari menu Start. Langkah-langkah untuk menjalankan Internet Explorer dari menu Start adalah sebagai berikut :
  1. Klik menu Start.
  2. Pilihlah Programs. Daftar program yang terdapat di komputer akan ditampilkan.
  3. Carilah Internet Explorer dan kemudian klik. Jendela Internet Explorer akan ditampilkan.
Bagian browser 

Tampilan jendela browser Internet Explorer tidak jauh berbeda dengan program aplikasi Windows lainnya. Jendela Internet Explorer mempunyai title bar, menu bar, toolbar, status bar, dan sebagainya. Jendela Internet Explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis jika halaman web yang ditampilkan di jendela Internet Explorer cukup lebar atau panjang.

Bila dibandingkan dengan aplikasi Windows lainnya, khususnya Microsoft Office, satu hal yang khas dari Internet Explorer adalah jendela Internet Explorer dilengkapi dengan bar alamat (address bar). Pada bar alamat kita dapat mengetik alamat website yang ingin dikunjungi. Masing-masing bagian jendela Internet Explorer akan dijelaskan satu per satu. 
  • Title Bar, Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela Internet Explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela Internet Explorer. Sedangkan pada bagian sebelah kanan bersi kontrol untuk jendela Internet Explorer. Kontrol jendela tersebut terdiri dari tombol Minimize, Maximize, dan Close. 
  • Menu Bar, Menu bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat di jendela Internet Explorer ditempatkan. Masing-masing menu memuat perintah-perintah tertentu yang dikelompokkan berdasarkan fungsi-fungsinya. Menu yang terdapat di jendela Internet Explorer, antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help. 
  • Toolbar, Jendela Internet Explorer dilengkapi dengan toolbar yang memuat tombol-tombol perintah. Tombol-tombol perintah tersebut merupakan shortcut perintah yang terdapat di menu. Masing-masing tombol menjalankan sebuah perintah. Karena jumlahnya yang terbatas, maka tidak semua perintah yang terdapat di menu mempunyai tombol shortcut di toolbar.
Tombol-tombol yang terdapat di menu merupakan tombol-tombol dari perintah-perintah yang paling sering digunakan. Tombol yang terdapat di toolbar, antara lain Back, Forward, Refresh, Home, Search, Favorites, History, Mail, dan Print. Fungsi dari masing-masing tombol tersebut adalah :
Gambar
Tombol
Keterangan

Back
Digunakan untuk kembali ke halaman website yang dibuka sebelumnya.

Forward
Digunakan untuk kembali ke halaman berikutnya yang pernah dibuka. Tombol Forward merupakan kebalikan dari tombol Back.

Stop
Digunakan untuk menghentikan proses pemanggilan (loading) sebuah halaman web.

Refresh
Digunakan untuk mengulangi proses pemanggilan sebuah halaman web.

Home
Digunakan untuk kembali ke halaman pertama dari sebuah website.

Search
Digunakan untuk menampilkan jendela pencarian.

Favorites
Digunakan untuk menampilkan alamat website favorit.

Media
Digunakan untuk menampilkan alamat website yang berhubungan dengan multimedia.

History
Digunakan untuk menampilkan jendela yang berisi daftar halaman yang pernah diakses. Daftar halaman yang pernah diakses akan berubah setiap kali mengakses internet.

E-mail
Digunakan untuk membaca e-mail dan berita.

Print
Digunakan untuk mencetak halaman web yang sedang dibuka.

Edit
Digunakan untuk menampilkan perintah pada halaman HTML untuk diedit

  • Address Bar, Address bar atau alamat adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin ditampilkan (dikunjungi) di jendela Internet Explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya. Apabila tombol tersebut diklik, akan menampilkan alamat-alamat website yang dikunjungi terakhir kali. 
  • Status Bar, Status bar terdapat pada bagian bawah jendela Internet Explorer. Status bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web. 
  • Task Pane, Task pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol Search, Favorites, dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang diklik.

Istilah-istilah Dasar Internet 

Kita akan menemui banyak istilah yang berhubungan dengan internet. Istilah-istilah tersebut perlu dipahami dengan baik, sehingga kita tidak bingung pada saat bekerja dengan internet. Beberapa istilah internet yang umum adalah sebagai berikut. 
  • Intranet, Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya, intranet dibangun dan dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di perusahaan tersebut. 
  • Browser atau Web Browser, Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh dari program browser adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator. 
  • HTML, HTML merupakan singkatan dari HyperText Mark-up Language. HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML (.htm). Kita membutuhkan browser untuk menampilkan file HTML tersebut. 
  • Server, Komputer yang member layanan kepada komputer lain (komputer client) disebut server. Karena berfungsi memberikan layanan, pekerjaan yang harus dilakukan oleh server sangat banyak. Oleh sebab itu, komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih andal dibandingkan dengan komputer yang digunakan sebagai client.  Di internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu. Komputer tersebut melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya. 
  • Client, Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer client mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer server. Pada saat kita mengakses internet, komputer kita disebut sebagai komputer client karena komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi. 
  • Bandwidth, Ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu disebut bandwith. Satuan untuk bandwith adalah megabit per second (Mbps) atau kilobit per second (kbps). 
  • Search Engine, Search engine merupakan program di website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. 
  • URL (Uniform Resource Locator), URL adalah sistem pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web. 
  • Website, Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait website sering juga disebut dengan situs, situs web, site, atau portal. 
  • Homepage, Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website disebut homepage. Biasanya, homepage berisi ucapan selamat dating, beberapa ringkasan isi website, dan beberapa link ke bagian penting lain dari website tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web. 
  • Web Page, Web page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm). 
  • Hypertext Link (Hyperlink) atau Link, Link adalah sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link di halaman web akan mempunyai tanda dan warna yang berbeda. Biasanya, teks mempunyai garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau tidak, dapat kita lakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, teks tersebut merupakan link. 
  • ISP atau Internet Service Provider, ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP. 
  • Program Dial-Up, Program dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP). 
  • Off-line, Off-line adalah kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus. 
  • Online, Online adalah kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung. 
  • Login, Beberapa halaman web di internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan user ID dan password. Proses pemasukan user ID dan password tersebut disebut dengan login. Contoh proses login adalah ketika kita memasukkan user ID dan password pada saat ingin membuka kotak suara e-mail kita. 
  • Logout, Logout adalah kebalikan dari login. Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Logout dilakukan dengan menekan tombola tau teks link logout yang biasanya terdapat di halaman web. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut. 
  • Protocol, Protocol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya, di internet ada protocol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, ada protocol untuk mengirimkan e-mail, dan sebagainya. 
  • HTTP atau HyperText Transfer Protocol, HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP. 
  • POP atau Post Office Protocol, POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP. 
  • Download, Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan (komputer client) disebut download. 
  • Upload, Proses penempatan file dari komputer server di internet disebut upload. Upload merupakan kebalikan dari proses download. 
  • Freeware, Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis. Setiap orang diperbolehkan mendownload program tersebut. 
  • Shareware, Share merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika kita ingin menggunakannya terus, kita harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftarannya. 
  • GIF atau Graphical Interchange Format, GIF merupakan satu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ada di internet. 
  • JPEG atau Joint Photographic Experts Group, Selain GIF, JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di internet. JPEG juga mempunyai ukuran file yang kecil. File JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak, seperti foto, sedangkan GIF digunakan untuk gambar dengan wrana yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik, dan sebagainya. 
  • SPAM, SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail berantai, iklan, dan sebagainya.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:14 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
iNet Squared Ltd
Incubationer LTD